DDPI Kalimantan Timur

FGD Aksi Mitigasi Penurunan Emisi GRK Sektor Kehutanan

August 08, 2017
Aspianur Akhmad Fauzi
415

FGD Aksi Mitigasi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca di Hutan Produksi Provinsi Kalimantan Timur diselenggarakan oleh Badan Perencana Pembangunan dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur yang bekerjasama dengan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) dan GELAMAI pada tangggal 8

Agustus 2017 Pukul 09.00-12.00 WITA. Kegiatan diskusi dihadiri oleh 51 peserta dari pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu, APHI, DDPI Kalimantan Timur, KPH, BPHP XI, Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Timur, BPDASHL-Mahakam Berau, GIZ-GELAMAI dan GIZ-FORCLIME. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian dalam kegiatan revisi Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) Provinsi Kalimantan Timur. Hasil dari FGD diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu aksi mitigasi perubahan iklim di sektor kehutanan adalah perlindungan/pengelolaan hutan dengan nilai cadangan karbon tinggi
  2. Untuk penyusunan rencana aksi ini, diperlukan informasi berapa luas hutan primer, hutan mangrove primer dan sekunder serta hutan rawa primer dan sekunder dalam areal perusahaan yang memang dikonservasi. Informasi ini diperlukan agar penyusunan target sesuai dengan kondisi di lapangan dan realistis.
  3. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur harus dapat menentukan target untuk aksi mitigasi perlindungan hutan dengan cadangan karbon tinggi. Agar target yang ditetapkan realistis dan sesuai dengan kondisi lapangan, maka diperlukan informasi dari perusahaan dan KPH.

Berita Lainnya

1

Focus Group Discussion (FGD)

“Pengelolaan KHG di Wilayah Mahakam Tengah untuk Mendukung Pelaksanaan Program FCPF-CF di Kalimantan Timur”.

Selengkapnya
2

Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi Perspektif GGC dalam Pembangunan IKN

Selengkapnya
© 2019 Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur