DDPI Kalimantan Timur

“Soalisasi Peran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan Mekanisme Pengajuan Pembiayaan”

June 10, 2021
Aspianur Akhmad Fauzi
704

Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara mengadakan Webinar “Soalisasi Peran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan Mekanisme Pengajuan Pembiayaan” pada Kamis, 10 Juni 2021 secara daring. Kegiatan webinar ini bertujuan mensosialisakan peran dan fungsi dari Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup dan memberikan penjelasan kepada para pemangku kepentingan di Provinsi Kalimantan Timur terkait mekanisme pengusulan pendanaan dan mekanisme komunikasi atau koordinasi terhadap kegiatan dan program terkait. Acara yang diselenggarakan selama kurang lebih 3 jam ini diikuti oleh 52 peserta secara daring (online). Peserta yang hadir terdiri dari satuan perangkat daerah, mitra pembangunan, asosiasi perusahaan dan akademisi.

Acara dibuka oleh Prof. Daddy Ruhiyat selaku ketua harian DDPI Kaltim. Dalam sambutannya, Prof. Daddy Ruhiyat menekankan bahwa Pendanaan merupakan permasalahan yang penting bagi berbagai pihak terutama dalam rangka melaksanakan penurunan emisi dan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik. Setelah acara dibuka oleh Prof. Daddy Ruhiyat, acara selanjutnya adalah pemaparan dari narasumber yakni Direktur Penghimpunan dan Pengembangan Dana BPDLH Kementerian Keuangan RI Endah Tri Kurniawati, S.Hut., M.E., MPA. atau yang akrab disapa Ibu Nia. Pada kesempatan kali ini, Ibu Nia menekankan bahwa dalam hal pengajuan pendanaan ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan, diantaranya: Program yang disusun harus realistis, perlu adanya komunikasi intens dengan BPDLH dan KLHK, mempertimbangkan faktor safeguard dan membuat indikator yang realistis.

Acara selanjutnya adalah sesi diskusi dan Tanya jawab. Sesi yang berlangsung selama kurang lebih satu jam setengah ini dipenuhi dengan antusiasme peserta. Pertanyaan yang hadir juga bervariasi dan diajukan oleh peserta dengan berbagai latar belakang instansi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disampaikan oleh peserta secara langsung dan juga melalui platform chat. Setelah berlangsung selama kurang lebih 3 jam, acara ditutup oleh Ketua Pokja MRV DDPI Kaltim Dr. Fadjar Pambudhi.

Berita Lainnya

1

Focus Group Discussion (FGD)

“Pengelolaan KHG di Wilayah Mahakam Tengah untuk Mendukung Pelaksanaan Program FCPF-CF di Kalimantan Timur”.

Selengkapnya
2

Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi Perspektif GGC dalam Pembangunan IKN

Selengkapnya
© 2019 Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur