DDPI Kalimantan Timur

Program Kerja

Program kerja utama DDPI terbagi dalam 3 fase utama :

Fase 1 : Memberikan nasihat dan masukan kepada Gubernur mengenai isu–isu terkait perubahan iklim

Fase 2 : Membantu mengkoordinasikan, memonitor dan mengevaluasi program – program provinsi yang berkaitan dengan perubahan iklim

Fase 3 : Mendorong implementasi program serta merumuskan kebijakan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim

Program kerja DDPI terbagi menjadi 2 area kerja, yaitu:

1. Koordinasi isu – isu dan kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan perubahan iklim di Kalimantan Timur

DDPI sebagai coordination entity atau badan koordinasi bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan perubahan iklim di Kalimantan Timur yang dilakukan oleh badan, dinas, forum, pokja maupun instansi pemerintah lainnya. Tujuan koordinasi ini adalah supaya setiap instansi pemerintah tersebut dapat menjalankan kegiatan dan aktivitasnya dengan efektif, tanpa adanya tumpang tindih dengan kegiatan di instansi lainnya.  Dalam melaksanakan koordinasi ini, DDPI akan banyak melakukan rapat – rapat kerja dengan pemangku kepentingan terkait, kunjungan ke daerah – daerah dan kabupaten di Kalimantan Timur, maupun koordinasi dengan pihak – pihak lain di luar provinsi Kalimantan Timur. Peran DDPI ini merupakan peran yang vital untuk mendukung aspirasi dan tujuan bersama rakyat Kalimantan Timur untuk menjadi provinsi hijau.

2. Kegiatan yang bersifat program oleh kelompok kerja bentukan DDPI

Selain mengkoordinasikan kegiatan terkait perubahan iklim yang sudah ada di Kalimantan Timur, DDPI juga melakukan berbagai inisiatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan di Kalimantan Timur melalui berbagai program kerja yang diemban oleh 3 Kelompok Kerja yang akan dibentuk langsung di bawah DDPI. Ketiga Pokja tersebut adalah Pokja REDD, Pokja MRV dan Pokja Green Growth. Program kerja yang direncanakan adalah mengenai optimalisasi penggunaan lahan, mengembangkan pemetaan yang komprehensif serta analisis ekonomi  untuk mendukung implementasi proyek percontohan REDD.

© 2019 Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur