Selamat Datang di Website Resmi DDPI Prov. Kaltim
Kunjungan ke Mangrove Delta Mahakam
06 November 2023 Berita Mimin
Kunjungan ke Mangrove Delta Mahakam

Green Growth Compact (GGC) di Kaltim dibuat untuk mendukung pencapaian program Kaltim Hijau serta membantu mengekspose inisiatif pembangunan hijau yang sudah ada dalam bentuk ikatan komitmen yang tidak legally binding. Peran semua pihak akan diangkat dan Delta Mahakam yang dekat dengan Ibukota Kaltim memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dan dikerjasamakan. Manfaat bergabung dalam GREEN GROWTH COMPACT (GGC):

  • Membantu ekspose hasil-hasil upaya kerjasama pembangunan hijau
  • Memperkuat inisiatif yang sudah ada
  • Memperkuat dukungan pendanaan dan lainnya

Sebagai bagian dari rencana pengembangan program Green Growth Compact di Kalimantan Timur, inisiasi di kawasan Delta Mahakam baik terkait kemitraan dalam rehabilitasi maupun pengembangan pusat informasi perlindungan dan pengembangan mangrove telah diidentifikasi sebagai satu dari inisiatif model yang akan dikembangkan.   Untuk itu, pada tanggal 20 Juli 2017 GGC Kaltim yang terdiri dari The Nature Conservancy (TNC) bersama-sama dengan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Timur, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, KPHP Delta Mahakam, Pertamina, Kelompok Kajian Iklim, Air dan Bencana - Universitas Mulawarman serta Yayasan Mangrove Lestari Delta Mahakam melakukan kunjungan dan diskusi ke Pusat Informasi Mangrove serta sebagian kawasan Delta Mahakam. Pusat Informasi Mangrove (PIM) ini dibangun di atas lahan seluas 16 hektare di Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pembangunan PIM ini dilatarbelakangi dari kondisi hutan mangrove yang mengalami kerusakan cukup tinggi akibat dari berbagai kegiatan, baik perambahan maupun kegiatan masyarakat dalam membuka lahan untuk tambak ikan dan udang. Dari hasil kunjungan ini direncanakan akan ada diskusi lebih detail dalam bentuk FGD tentang Delta Mahakam dan KPH yang sudah melakukan komitmen dengan para pihak seperti dengan VICO, TOTAL dan lainnya.

PHOTO ARTIKEL
ARTIKEL LAINNYA
Diskusi #1 – Penyusunan Road Map KPH di Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
DDPI Kaltim Mengadakan Kegiatan “Lingkar Komunikasi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) untuk Pembangunan Hijau”
06 November 2023 Jam 03:15
Pelatihan Pengenalan Youtube Untuk Kampanye Isu Perubahan Iklim
06 November 2023 Jam 03:15
Pertemuan Governors Climate and Forests Task Force
06 November 2023 Jam 03:15
Coffee Morning
06 November 2023 Jam 03:15
DDPI Kaltim Menggelar Pelatihan MRV REDD+
06 November 2023 Jam 03:15