Selamat Datang di Website Resmi DDPI Prov. Kaltim
Penerimaan Penghargaan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2017
06 November 2023 Berita Mimin
Penerimaan Penghargaan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2017

Bersamaan dengan puncak Hari Lingkungan Hidup 2017 yang berlangsung dimulai Rabu, 2-4 Agustus 2017 yang bertempat di Manggala Wanabakti, terdapat beberapa rangkaian acara. Salah satunya adalah pemberian penghargaan bagi perseorangan atau lembaga yang memiliki komitmen dan upaya nyata di bidang lingkungan hidup yang secara langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Penghargaan tersebut meliputi, Kalpataru, Adipura Kencana, Adiwiyata dan Nirwasita Tantra. Dalam kesempatan ini Menteri Lingkungangan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya menyampaikan bahwa penilaian yang diberikan dalam penghargaan ini dilakukan secara independen dengan kategori penilaian perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina.

Penghargaan pertama yang diberikan adalah penghargaan Adiwiyatama yang diberikan kepada sekolah yang memiliki kepedulian dan berbudaya lingkungan baik tingkat Kab/Kota, Provinsi ataupun Nasional. Pada tahun ini, telah dipilih 113 sekolah Adiwiyata Mandiri untuk menerima penghargaan. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Adipura bagi kota yang mampu mewujudkan kota bersih, sehat dan berkelanjutan dengan prinsip Good Governance. Tahun ini diberikan penghargaan Adipura Kencana dengan berbagai kategori, untuk kategori kota metropolitan dipilih Kota Surabaya dan Kota Tangerang, kategori kota besar dipilih Kota Balikpapan dan Kota Malang, sementara kategori Kota Sedang diberikan untuk Kabupaten Kudus dan
 
 
Kabupaten Jombang. Lebih lanjut, diberikan pula penghargaan Kalpataru untuk orang atau kelompok yang secara luar biasa berhasil merintis atau menyelamatkan serta membina lingkungan melalui prakarsanya sendiri. Tahun ini penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 penerima dengan empat kategori yaitu perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina. Terakhir diberikan juga penghargaan Nirwasita Tantra bagi kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Tahun ini telah diberikan penghargaan Nirwasita Tantra oleh Presiden kepada tiga orang Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota.

Sumber : Biro Humas KLHK

PHOTO ARTIKEL
ARTIKEL LAINNYA
“Perlindungan Keanekaragaman Hayati Dalam Rangka Mendukung Implementasi Pembangunan Hijau di Wilayah IKN”
06 November 2023 Jam 03:15
Webinar “Soalisasi Peran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan Pengajuan Pendanaan Perubahan Iklim”
06 November 2023 Jam 03:15
Diskusi #2 - Penyusunan Road Map KPH di Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
Potensi dan Strategi Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan di Provinsi Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
Strategi Adaptasi Masyarakat Kalimantan Timur Menghadapi Bencana Perubahan Iklim
06 November 2023 Jam 03:15
Sinergitas DDPI dan Mitra Pembangunan
06 November 2023 Jam 03:15