Selamat Datang di Website Resmi DDPI Prov. Kaltim
DDPI Kaltim Mengadakan Kegiatan “Lingkar Komunikasi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) untuk Pembangunan Hijau”
06 November 2023 Berita Mimin
DDPI Kaltim Mengadakan Kegiatan “Lingkar Komunikasi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) untuk Pembangunan Hijau”

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Timur dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggagas sebuah kegiatan bertajuk, “Lingkar Komunikasi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) untuk Pembangunan Hijau”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 18 Maret 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. memimpin langsung kegiatan Lingkar Komunikasi Forkopimda untuk Pembangunan Hijau ini yang juga dihadiri oleh Bupati/Walikota serta unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota Se-Kalimantan Timur beserta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dari tingkat provinsi dan kabupaten/Kota, perguruan tinggi serta mitra pembangunan Kalimantan Timur. Gubernur Kaltim menyampaikan bahwa pembangunan hijau yang dicanangkan sejak 2010 hanya akan terwujud melalui kerja sama dan komitmen semua pihak, terutama unsur pimpinan daerah. Oleh karena itu, Gubernur Kaltim mengajak semua pemangku kepentingan pembangunan untuk bahu membahu dalam menyukseskan pembangunan hijau di Kalimantan Timur secara kolaborasi dan inklusif.

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, MM memberikan Pengantar Pelaksana Kegiatan. Dalam kesempatan ini, Prof. Aswin menyampaikan bahwa pengarusutamaan isu-isu lingkungan hidup dan pembangunan hijau telah dimasukkan kedalam RPJMD Perubahan Kalimantan Timur 2019-2023. Prof. Aswin juga mengingatkan bahwa komitmen pembangunan hijau di Kalimantan Timur sudah ada sejak tahun 2010 dengan dideklarasikannya “Kaltim Green”. Sedangkan terkait identifikasi program FCPF-CF yang merupakan salah satu capaian pembangunan hijau kedalam Renstra Perangkat Daerah Kab/Kota, terdapat 97 program dan 187 kegiatan di 8 Kabupaten/Kota.

Dalam kegiatan ini dihadirkan juga dua orang narasumber yaitu Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Prof. Dr. Ir. Sarwono Kusumaatmadja dan Ketua Harian DDPI Kalimantan Timur Prof. Dr. Daddy Ruhiyat. Prof. Sarwono menyampaikan materi tentang “Isu Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan dalam Perspektif Global dan Nasional”. Sementara itu, Prof. Daddy menyampaikan topik tentang, “Permasalahan & Isu Perubahan Iklim di Kalimantan Timur dalam Mewujudkan Pembangunan Hijau”. Pada sesi diskusi, para Bupati/Walikota dan anggota Forkopimda diminta oleh moderator untuk menyampaikan gagasan, masukan serta curah pengalaman di dalam satu sesi.

Kegiatan Lingkar Komunikasi Forkopimda ini merupakan momentum kunci untuk menyatukan komitmen pimpinan daerah dalam implementasi pembangunan hijau di Kalimantan Timur. Lingkar Komunikasi ini direncanakan akan mengadakan pertemuan setahun sekali dengan tujuan agar curah pendapat dan pengalaman antara para pimpinan daerah bisa terwadahi dengan efektif. Setidaknya ada tiga tujuan utama dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu, terbangunnya kesadaran akan pentingnya isu lingkungan hidup dan perubahan iklim untuk pembangunan berkelanjutan, tercapainya kesepakatan mengenai pengarusutamaan isu pembangunan hijau ke dalam prioritas pembangunan kabupaten/kota, dan terbentuknya wadah koordinasi dan komunikasi dalam mewujudkan pembangunan hijau.

ARTIKEL LAINNYA
“Peran dan Fungsi Ekosistem Lahan Basah Mangrove dan Gambut dalam Pengaturan Tata Air dan Resiliensi Masyarakat Sekitar Terhadap Dampak Perubahan Iklim"
06 November 2023 Jam 03:15
Pelatihan Teknik Negosiasi dan Kolaborasi Dalam Rangka Membangun Kesepakatan Pembangunan Hijau
06 November 2023 Jam 03:15
Perhitungan Emisi GRK (CO2) Kaltim 2015-2016 di Sektor Berbasis Lahan
06 November 2023 Jam 03:15
DDPI Kaltim Mengadakan Kegiatan “Lingkar Komunikasi Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) untuk Pembangunan Hijau”
06 November 2023 Jam 03:15
Toward to Design Team Working for Green Growth Compact
06 November 2023 Jam 03:15
Pelatihan Pengarusutamaan Pembangunan Hijau ke Dalam RPJMD
06 November 2023 Jam 03:15