Selamat Datang di Website Resmi DDPI Prov. Kaltim
Pertemuan Governors Climate and Forests Task Force
06 November 2023 Berita Mimin
Pertemuan Governors Climate and Forests Task Force

Pada pertemuan tahunan GCF di Jalisco tahun 2016, Kalimantan Timur telah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan pertemuan tahunan GCF 2017. Pertemuan Tahunan GCF 2017 akan diselenggarakan di Balikpapan pada tanggal 25-29 September 2017. Berkaitan dengan hal tersebut perwakilan pemerintah anggota Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Iklim (Governors’ Climate and Forests Taskforce atau GCF) Indonesia yang meliputi Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat, telah menyelenggarakan pertemuan persiapan di Hotel Pullman, Jakarta, pada tanggal 18 Juli, 2017 untuk mensosialisasikan mengenai Pertemuan Tahunan Satuan Tugas GCF di Balikapan kepada pemangku kepentingan, mitra, serta media untuk mendapatkan dukungan terhadap pelaksanaan pertemuan tersebut. Selain itu pada pertemuan antar Gubernur Anggota Satuan Tugas Governors’ Climate and Forests (GCF) di Jakarta tersebut juga mendiskusikan Balikpapan Challenge yang akan diluncurkan dalam pertemuan tahunan GCF. Adapun kesepakatan penting yang didiskusikan adalah Rencana Implementasi beberapa komitmen yang sudah dicanangkan oleh anggota GCF Indonesia untuk mengurangi deforestasi dalam upaya pengendalian perubahan iklim, termasuk:

  • kemitraan dengan pihak swasta dalam memproduksi komoditas pertanian yang bebas deforestasi;
  • keterlibatan masyarakat adat dalam upaya-upaya pengurangan deforestasi;
  • dukungan pendanaan untuk mendukung upaya-upaya pengurangan deforestasi.

Pertemuan antar Gubernur ini juga bertujuan menyelaraskan komitmen anggota satuan tugas GCF Indonesia untuk mendukung target dan komitmen nasional untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor kehutanan dan lahan sebagai upaya pengendalian perubahan iklim. Luaran dari pertemuan ini adalah diseminasi informasi mengenai Pertemuan Tahunan GCF 2017 kepada berbagai pihak serta kesepakatan antara anggota Satuan Tugas GCF Indonesia mengenai Balikpapan Challenge.

ARTIKEL LAINNYA
Penguatan Sistem Pendukung Pelaksanaan FCPF-CARBON FUND di Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
DDPI Kaltim menerima kunjungan dari LPBI NU Kaltim
06 November 2023 Jam 03:15
Sosialisasi Measurement, Monitoring and Reporting (MMR), emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Sistim Registri Nasional (SRN) di Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu
06 November 2023 Jam 03:15
Diskusi #2 - Penyusunan Road Map KPH di Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
Learning Network GGC: Belajar dari Inisiatif Model SIGAP dan Perhutanan Sosial
06 November 2023 Jam 03:15
Festival Iklim 2018: REDD+ Under Paris Agreement
06 November 2023 Jam 03:15