Selamat Datang di Website Resmi DDPI Prov. Kaltim
kunjungan Tim Riau Hijau
06 November 2023 Berita Mimin
kunjungan Tim Riau Hijau

Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim menerima kunjungan Tim Riau Hijau yang ingin mengetahui perkembangan Pembangunan Hijau di Kaltim dalam kunjungan selama dua hari, 12-13 Maret 2020. Selama kunjungan, Tim Riau juga bertemu dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Delta Mahakam, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Planet Urgence, Yayasan Bioma dan Yayasan Mangrove Lestari (YML).

 

Pertemuan diawali dengan diskusi di Sekretariat DDPI Kaltim dengan pembahasan Perkembangan Pembangunan Hijau dan Green Growth Compact. Pada kesempatan itu, Tim Riau Hijau menanyakan proses, capaian dan hambatan pembangunan hijau di Kaltim yang telah berlangsung selama 10 tahun. Mereka juga menanyakan peran DDPI Kaltim sebagai forum multipihak dalam mengoordinasikan kegiatan-kegiatan perubahan iklim dan peran mitra pembangunan, akademisi, masyarakat dan pemerintah dalam isu perubahan iklim.

 

Siang harinya, Tim Riau Hijau bertemu dengan Tim Inisiatif Model Kawasan Delta Mahakam yang terdiri dari KPHP Delta Mahakam dan mitra pembangunan. Diskusi informal ini fokus pada proses, kelembagaan, tujuan dan aktivitas-aktivitas apa saja yang dilakukan oleh mitra pembangunan dan masyarakat di Kawasan Delta Mahakam. Diskusi kemudian terfokus pada pengelolaan kolaboratif Delta Mahakam yang dilakukan oleh berbagai pihak.

 

Di hari kedua, Tim Riau Hijau didampingi dengan Tim Inisiatif Model Kawasan Delta Mahakam melakukan kunjungan ke Delta Mahakam untuk melihat langsung Pusat Informasi Mangrove, Hutan Mangrove dan aktivitas ekonomi dan penghijauan yang dilakukan oleh masyarakat. Di sana, tim sempat menyantap makan siang bersama dan membeli makanan ringan yang bahan-bahannya didapatkan dari Kawasan Delta Mahakam.

 

Hasil kunjungan selama dua hari ini akan menjadi masukkan bagi para pengambil kebijakan di Provinsi Riau dalam melaksanakan pembangunan hijau. Rencananya, Tim Riau Hijau akan melakukan kunjungan kembali ke Kaltim untuk mendapatkan informasi lebih dalam pembangunan hijau terutama di tingkat kabupaten/kota.

ARTIKEL LAINNYA
Visi Kaltim 2030 Dukung Mitigasi Perubahan Iklim
06 November 2023 Jam 03:15
FGD Delta Mahakam
06 November 2023 Jam 03:15
Diskusi #2 - Penyusunan Road Map KPH di Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15
“Peran dan Fungsi Ekosistem Lahan Basah Mangrove dan Gambut dalam Pengaturan Tata Air dan Resiliensi Masyarakat Sekitar Terhadap Dampak Perubahan Iklim"
06 November 2023 Jam 03:15
“Perlindungan Keanekaragaman Hayati Dalam Rangka Mendukung Implementasi Pembangunan Hijau di Wilayah IKN”
06 November 2023 Jam 03:15
Potensi dan Strategi Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan di Provinsi Kalimantan Timur
06 November 2023 Jam 03:15